Tentang Kami

pondok pesantren Siraajul Ummah

Pondok Pesantren Siraajul Ummah adalah lembaga pesantren yang didirikan oleh Kyai Nurhayadi,M.Ag pada tanggal 07 April 2012 yang diresmikan oleh Abuya Syaikh K.H. Saadih Al-Batawi Selaku Mursyid dan Pimpinan Majlis Dzikir As-Samaawat Al-Maaliki. Pondok Pesantren Siraajul Ummah yang berada di dalam naungan Yayasan Ibnu Dju’an yang terdiri dari beberapa lembaga yaitu PAUD, TK dan MTs. Siraajul Ummah. dan insya Allah akan di bangun juga lembaga Madrasah Aliyah (MA) pada tahun depan (2015).
Madrasah Tsanawiyah ( MTs ) Siraajul Ummah, Kecamatan Karang Bahagia, Kabupaten Bekasi, yang berada kurang lebih 500 M sebelah utara kantor kelurahan Karang Rahayu.

 

1.  Tinjauan Historis 

Madrasah Tsanawiyah ( MTs ) Siraajul Ummah, Kecamatan Karang Bahagia, Kabupaten Bekasi, yang berada kurang lebih 500 M sebelah utara kantor kelurahan Karang Rahayu. MTs Siraajul Ummah berdiri pada tahun 2012 dibawah naungan Yayasan Ibnu Dju’an.

Yayasan Ibnu Dju’an berawal dari pengajian biasa, ketua yayasan ( Kyai. Nurhayadi, M.A ) berinisiatif untuk membuka pengajian anak-anak ( TPA ) dan belum terkafer dalam sebuah yayasan. Muncul ide untuk membuka atau membangun sebuah yayasan pada tanggal  06 Maret 2003, dibawah naungan Akta Notaris Kusmurintono,S.H, dan semenjak saat itu berdirilah sebuah yayasan  Ibnu Dju’an. Nama Ibnu Dju’an itu sendiri diambil dari nama Almarhum Bapak Dju’an yaitu ayahanda Kyai Nurhayadi,M.A yang berarti Anak Bapak Dju’an. selain MTs, Yayasan Ibnu Dju’an juga menaungi beberapa lembaga yaitu, PAUD, TK, PON-PES dan Insya Allah akan di bangun Madrasah Aliyah (MA).

Diawali dengan pemberian wakaf  mutlak oleh Bapak Dju’an ( selaku ayah dari ketua yayasan ), seluas 200  M2, berawal dari TPA dan Majlis ta’lim walau bangunan baru ada satu ruang tapi pembelajaran tetap berlangsung dengan semangat dan kesabaran.

Jumlah siswa MTs Siraajul Ummah, berawal dari 22 siswa, yang terdiri dari 13 laki-laki dan 9 perempuan, dengan menempati ruangan yang bergantian jika pagi untuk MTs dan malam untuk TPA. Dengan kerja keras pengurus yayasan, dewan guru dan keikut sertaan masyarakat yang sangat antusias, karena adanya kepentingan bersama tentang kepentingan bersama untuk memajukan kualitas SDM dalam pendidikan Islam. MTs Siraajul Ummah dari tahun ketahun semakin berkembang dan jumlah siswa yang tiap tahunnya terus meningkat hingga sampai sekarang sudah memiliki atau bertambah fasilitas seperti kelas sekarang sudah ada 8 kelas. Selain MTs pemilik yayasan pada tahun 2013membuka pondok pesantren juga, untuk memfasilitasi siswa dan siswinya yang ingin bermukim dan lebih mendalami ilmu agama islam secara sepenuhnya.

 

 

2. Keadaan Fisik Sekolah

  1.  Luas tanah                                    : 5000 m2
  2. Luas bangunan                            : 2000 m2
  3. Jumlah ruang kelas                      : 8  kelas
  4. Ukuran ruang kelas                     : 7 x 8 m2
  5. Bangunan lain yang ada   :
    1. Musholah
    2. Gedung Asrama putra/I, PAUD, TK, dan
    3. Kantor MTs Siraajul Ummah
    4. Kantin sekolah
    5. Laboratorium Komputer
    6. Lapangan Olahraga          :
    7. Lapangan Futsal
    8. Lapangan Bola Volly
    9. Lapangan Bulu Tangkis

3. Denah Lokasi Sekolah

Beberapa jenis bangunan yang mengelilingi MTs Siraajul Ummah diantaranya adalah :

  1. Sebelah Utara berdekatan dengan gedung TK Siraajul Ummah.
  2. Sebelah Selatan berdekatan dengan kantorSiraajul Ummah , lapangan volley, dan Lab. Komputer.
  3. Sebelah Timur berdekatan dengan Jalan Desa.
  4. Sebelah Barat berdekatan dengan gedung PAUD dan Asrama Putra

Kondisi lingkungan sekolah MTs Siraajul Ummah sangat  kondusif karena lokasi sekolah sangat jauh dari keramaian dan kebisingan kendaraan serta posisi gedung-gedung sekolah yang berjauhan. Keadaan kelas yang cukup penerangannya dan sinar matahari dapat masuk sudah cukup nyaman untuk siswa–siswi belajar.

Selain itu sekolah juga memiliki taman atau kebun sekolah yang memiliki banyak jenis tumbuh – tumbuhan. Tempat sampah yang ditaruh di setiap sudut memudahkan murid – murid untuk membuang sampah sehingga tidak ada yang membuang sampah sembarangan. Selain itu, Bangunan gedung juga menggunakan tembok batu sehingga bangunanmenjadi kokoh dan nyaman untuk digunakan.

Daftar Guru PonPes Siraajul Ummah

NoNama
1KH. Nurhayadi, MA
2Drs. Adjie Nasichudin
3M. Abu Bakar S, S.Pd.I
4Andri Hermawan, S.Pd.I
5M. Yusuf, S.Pd.I
6Nur Amin, S.Pd.I
7Aldy Kurnia, S.Si
8Joni Tarigan, S.Pd
9Nurlaelatul Afifah
10Cut Wulandayu, S.Si
11Fifin, S.Pd
12Muhammad Iqbal
13Ahmad Jibril, SE
14Nur Afni, M.Pd
15Riska Nuraprianti, S.Pd
16Umi Kokom Komariah, S.Pd.i
17Nurma Yunia, S.Pd.I
18Muhammad